Tips Memilih Novel

0
22
Penulis Novel

Milih novel emang dirasa agak susah susah gampang, buat gue sih khususnya ada beberapa hal yang harus diliat. Kok gitu? iya menurut gue penting, karena setiap orang pasti punya selera dan tingkat ketahanan membaca yang beda-beda. Kali ini gue bakalan sharing beberapa hal cara memilih novel berdasarkan pengalaman. Ketika lo di toko buku pasti pengen dong baca dan beli semua, tapi kadang banyak kendala yang kalian alami contohnya keinginan membeli 3 buku kemampuan membeli cuma 1 buku, alhasil galau dan kepikiran hehehe. Atau bisa juga kalian punya kemampuan beli buku banyak, cuma pas dibeli bukunya ga kalian banget gitu jadinya ga kebaca dan numpuk gitu aja.

Menurut pengalaman gue, ada beberapa tips yang ampuh bisa kalian terapin nih gaes :

Baca sinopsis belakangnya

Pergi – Tere Liye

Kenapa kalian harus baca sinopsis belakangnya? karena menurut gue sinopsis yang ditampilkan dicover belakang buku bisa sedikit ngebantu kalian untuk memutuskan apakah buku tersebut menarik buat kalian pribadi. Kenapa gue bilang pribadi? karena kadang kita gabisa nyamain kesukaan kebanyakan orang sama kita, kalo kita liat review dibeberapa blog buku misalnya 80% menganggap buku itu oke dan menarik tapi pas lo yg baca kenapa lo ngerasa ga seru. Nah itu dia, kenapa gue bilang kalian harus mencari sisi menariknya berdasarkan diri kalian sendiri.

Coba liat review

Nah gue juga menyarankan, setelah kalian udah oke nih sama sinopsis yang ditampilin dibelakang cover tadi kalian juga harus liat beberapa review buku yang mau kalian beli. Lita ratingnya dari situs-situs terpercaya dan yang pasti liat komentar para pembaca lainnya. Hindari membaca situs yang spoiler yaaa, karena akan rugi dikalian sih ga akan ngerasa suprise lagi sama jalan ceritannya.

Liat penulisnya

Penulis Novel

Nah buat para pencinta novel pasti punya penulis favorite, yang pasti bakalan yakin dan gabakalan ragu buat bele karena udah paham karakter si penulisnya. Tapi buat yang baru pertama baca? kalian harus liat siapa penulisnya dan track record si penulis. Kalo saran gue, buat menambah gairah membaca, bagi pemula cari penulis yang emang udah banyak menghasilkan best seller. Biasanya kalo awal awal baca langsung dapet cerita yang menarik dan berkesan pasti kalian bakalan ketagihan baca.

Jangan ketipu cover

Ketika kalian jalan ke toko buku dan ngeliat buku dengan cover menarik, jangan langsung beli. Plis cover bagus belum tentu cerita menarik seius ini pengalaman. Emang bener sih cover adalah nilai jual pertama penulis buat hasil karyanya agar masyarakat beli tapi gue amat tidak menyarankan kalo kalian membeli novel karena meliat covernya bagus.

Liat gaya bahasanya

Bagian ini menurut gue penting, kalo gue pribadi ketika memutuskan buat beli sebuah novel bakalan liat gaya penulisannya. Jujus gue gasuka kalo novel yang dimana si karakternya percakapannya pake bahasa gaul contoh “gue dan elo” dll. Gue lebih suka tulisan yang baku tapi santai, menurut gue formal aja tapi gamengurangi nilai menariknya sih. Nah karena tiap orang beda-beda, kalian harus perhatiin juga aspek ini yaa.

Harga

Terakhir sih menurut gue hal yang harus kalian liat adalah harga si buku itu. Kenapa sih harus? jelas hal ini penting. Kita harus mengukur apakah dengan harga sekian, ketebalan bukunya sekian dan dll itu wort it. Bukan hanya itu saja, kalian juga harus menyesuaikan dengan kantong pribadi kalian, jangan memaksakan yaa.

Sekian gaes sharing cara milih novel menurut versi gue, semoga bermanfaat yaa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here