Tips dalam Persiapan Pernikahan

0
38

Hallo udah lama banget ga nulis, sekarang gue mau mengubah haluan konsep blog gue deh kayanya haha karna menurut gue review novel itu butuh mood dan saat ini I’m not in good mood. So gue mikirnya gue suka banget curhat dan dijadiin tempat curhat sama temen, nah setelah sharing sama suami, gue memutuskan untuk mencoba menuliskan tips-tips berdasarkan pengalaman gue, sahabat maupun lingkungan disekitar. Semoga bermanfaat untuk orang banyak 🙂

 

Tema kali ini gue mencoba untuk sharing tentang preparation wedding, semoga tulisan ini bisa bantu temen-temen yang lagi kebingungan dan galau. Gue termasuk newbie sih dalam pernikahan dan baru nikah sekitar tiga bulan lalu. Waktu persiapan pernikahan dulu gue semua konsep, pemilihan vendor, venue dan hal-hal kecil pernikahan. Kok semuanya sendiri sih? ga cape? ga ribet ? banyak banget pertanyaan dari orang sekitar. Kalo dibilang ribet, pasti ribet dan pusing banget apalagi ketika mendekati hari H. Setiap orang pasti punya impian pernikahannya dan maunya pasti dikemas dengan sempurna. Tapi namanya manusia ga penah puas, prinsip gue dan suami saat itu adalah ini kita ga bisa bahagiain semua orang dan ga bisa memaksa semua orang suka dengan apa yang kita punya. Jadi menurut gue kita gaboleh memaksakan diri melebihi kemampuan kita dalam mempersiapakan pernihakan demi membuat orang lain senang. Berikut beberapa aspek yang aku dan suami perhatikan dalam persiapan pernikahan :

  1. Melakukan Riset

Sebelum pernikahan sebaiknya melalukan riset seputar vendor cantering, venue yang bagus, kisaran harga dan lain-lain. Riset ini bisa kita dapet dari browsing di internet ataupun sharing dari cerita temen dan saudara. Kenapa harus melalukan riset sebelum melangkah jauh ? hal tersebut dilakukan agar kita ada sedikit gambaran untuk menentukan konsep, budget dan penentuan pemilihan vendor. Supaya kita memiliki standar pemilihan, bahan pertimbangan dll.

2. Tentukan tema

kalian harus menentukan tema yang akan dipilih, apakah pesta pernikahannya itu bernuansa nasional atau internasional sehingga kalian bisa merancang mau seperti apa pernikahannya nanti

2. Budget

Setelah melakukan riset, kita harus melihat berapa budget yang kita miliki. Budget itu penting banget, menurut gue budget adalah batasan kemapuan kita yang utama dalam menyiapakan berbagai hal . Pertama gue dan suami waktu itu buat skema budget pernikahan, yang mana isinya adalah perkiraan harga berdasarkan  kemampuan kita. Budget ini nantinya kita jadikan landasan dalam pemilihan berbagai aspek pernikahan agar tidak over budget diakhir. Pokoknya hindari yang namanya berhutang, karena akan berat setelah pernikahan.

3. Tentukan Gedung

Kenapa harus menentukan gedung setelah tau batas budget kita? karena rata-rata gedung saat ini harus dibooking minimal 3 bulan sebelumnya ada juga yang satu tahun sebelumnya. Untuk gedung yang bagus dan murah biasanya itu rebutan, beberapa teman sih bilang kalo gedung Kementerian Pertanian RI itu worth it tapi rebutan karena gedung tersebut luas dan harganyapun masih murah. Waktu gue nikah ga gedung itu karena full booked 🙁 . Oh iya jangan lupa tanya sama pihak gedung atau lokasi pernikahan, tempat tersebut masuk wilayah KUA mana.

4. Daftar KUA atau Catatan Sipil

Ga lucu dong setelah DP gedung kita sampe lupa buat daftarin pernikahan kita supaya sah dimata hukum dan agama. Kalo pengalaman gue, kenapa harus ke tentukan gedung atau tempat pernikahan dulu karena itu sebagai acuan kita untuk urus administrasi pernikahan. Contoh surat numpang nikah, kalo kita nikah ga sesuai alamat KTP kita harus buat surat numpang nikah dan lokasi pernikahan akan menentukan dimana KUA untuk kita mendaftar. Dulu gue di Kementerian Ketenagakerjaan RI di Gatsu, nah gedung ini masuk wilayah KUA Setia Budi, karena KTP gue bukan KTP di sana jadi gue harus buat surat numpang nikah untuk daftar KUA.

4. Catering

Menurut gue pribadi catering adalah aspek yang krusial dalam pernikahan. Kenapa? karena kita ngundang orang dalam pernikahan, kita harus menyuguhkan makanan yang enak dan pastinya harus mencukupi. Saran kalo mau order catering sebaiknya dilebihkan dua kali lipat dari jumlah tamu undangan, hal tersebut disiasati untuk mengindari kekurangan makanan. Waktu memilih vendor catering sebaiknya lakukan tes food beberapa kali untuk memastikan rasa dan tampilan.

5. Dekor, pakaian, Make up, Souvenir, dan printilan kecil yang diperlukan.

Biasanya dekor dan pakaian itu saling berhubungan, setelah kalian punya tema akan lebih mudah menentukan pakaian seperti apa sih dan dekor kaya gimana. Tapi jangan lupa tetap acuannya dengan budget yang dibuat dan harus terus komunikasi dengan pihak – pihak yang kita anggap berkepentingan. Kadang pas lagi persiapan pernikahan itu galau banget kalo mau menentukan pilihan, jangan lupa tanya ke orang terdekat yang kita dan selalu diskusi. Tapi inget keputusan ada ditangan kita karena kita yang menjalankan.

 

Intinya menurut gue kita sebagai calon pengantin harus sering baca, browsing dan minta pendapat orang lain yang berpengalaman dan kita harus sering mengcontrol diri kita harus tetep positif dan relax karena pada saat proses persiapan pernikahan pasti selalu ada badai hehehe 🙂

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here