Tips agar buah apel tidak mudah menghitam

0
106

Siapa sih yang ga suka sama buah apel. Buah apel merupakan salah satu buah favorite apalagi kalo temen-temen lagi diem. Buah apel merupakan menu wajib yang harus distock di rumah. Dengan ukuran yang cukup besar apalagi untuk kategori apel fuji, agaknya PR ya buat makannya kalo langsung digigit dan dimakan sekaligus apalagi untuk porsi seorang diri, kayanya terlalu kenyang. Tapi suka galau ga sih temen-temen kalo abis ngupas buah apel warnanya cepet banget berubah jadi coklat sehingga membuat udah tersebut tidak fresh lagi.
Buah apel sendiri bisa berubah warna karena terjadinya reaksi kimia dan proses oksidasi. Sehingga warna daging buah apel tidak cepat berubah menjadi cokelat. Nah berikut beberapa tips buat temen-temen agar buah apel yang sudah dibuka dan dikonsumsi nanti tidak berubah warna kecoklatan dan tetap segar :

1. Garam
Garam dapat memperlambat reaksi kimia dan proses oksidasi. Sehingga warna daging buah apel tidak cepat berubah menjadi cokelat. Caranya : setelah buah dipotong, ambil mangkuk dan tuangkan air kedalam mangkuk. Kemudian capurkan dengan satu sendok garam, aduk sampai rata dan masukan potongan buah sekitar 10 detik lalu tiriskan.

2. Perasan Lemon
Cara lain adalah dengan melumuri apel yang sudah dipotong dengan air lemon. Ini dapat menghentikan oksidasi polifenol bereaksi dengan oksigen karena adanya asam di dalam air lemon.

Selamat mencoba! 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here