Susah ga sih jadi blogger ? Susah ga sih nulis?

0
15

Long time no see, beberapa bulan lalu sempet vakum buat nulis karena ngurusin pernikahan jadi ga fokus buat nulis. Kali ini gue bukan mau review buku, sebenernya banyak banget buku di rumah yang udah dibeli tapi belum dibaca, ya karena beberapa bulan lalu gue fokus ngurusin pernikahan.

Oke kita mulai sharingnya yaa. Susah ga sih jadi blogger? jujur gue pribadi juga pemula yang cuma berani nulis karena modal hobi mengarang, merangkai kata dan baca novel. Hobi mengarang gue pun diyakini muncul karena nilai Bahasa Indonesia gue A terus men hahahaha.

Ini gue cuma sharing berdasarkan pengalaman dan beberapa referensi yang gue baca. Jadi blogger sebenernya susah gampang. Kuncinya menurut gue adalah fokus. Tapi masalahnya sekarang yang muncul gimana caranya supaya bisa fokus. Kadang ada beberapa orang yang mau nulis kalo mood nya lagi oke, baru muncul inspirasi buat nulis, bingung nentuin tema yang mau dibahas, sulit buat ngatur waktu karena saking sibuknya. Beberapa yang gue sebutin tadi mungkin temen-temen ngalamin, termasuk gue. Gue adalah salah satu orang yang emang males banget buat nulis kalo moodnya ga oke.

Tapi jangan patah semangat, ga ada masalah yang ga bisa diselesain. Beberapa kendala diatas sebenernya yang bisa ngejawab cara nyelesainnya diri kita sendiri. Gue pernah kepikiran bahwa kita manusia sebenernya sumber masalah. Masalah-masalah yang kita alami sebenernya berasal dari diri kita sendiri dan penyelesaiannyapun berasal dari kita sendiri dan Tuhan tentunya. Kok gitu? contoh agak melenceng kalo kalian punya masalah trus cerita sama temen, kalian ga akan berenti cerita dan terus cari jawaban karena psikologis diri kita belum ngerasa puas. Titik itu sebenernya bisa tercapai sama diri sendiri. Bisa melalui berdoa dan meyakini diri, intinya banyak caranya dan tiap orang akan berbeda-beda, coba berdamai dengan diri agar

Kembali ke permasalahan kok susah sih buat nulis, tapi pengen nulis. Ada tips b buat kalian dari gue yang mungkin bisa dicoba :

1. Tentuin tujuan kalian menulis apa ?

Kalian harus menentukan apa tujuan awal menulis, apakah untuk komersial yang menghasilkan rupiah atau hanya penyalur hobi ? . Setelah menentukan tujuan kalian secara tidak langsung akan timbul motivasi dengan sendirinya dalam diri. Contoh tujuan menulis hanya untuk menyalurkan hobi dan berbagi informasi, kaya yang gue lakuin sekarang. Yaudah gue ga akan pusing mau tulis apa.

2. Coba fokusin kalian suka sama tema seperti apa ?

Kok penting sih tentuin tema, iyalah penting. Kalian ga akan tau mau fokus nulis apa kalo ga ditentuin temanya. Objeknya harus dibuat mengerucut agar bisa timbul fokus. Kalo terlalu luas, nantinya akan bingung. Contoh kalian seseorang yang puitis, suka nulis dan mau dibaca orang. Dengan begitu ada batas-batas pembahasan di dalam penulisan.

3. Coba atur waktu

Setiap orang pasti punya kegiatan berbeda-beda. Pasti ga semua orang punya waktu luang yang sama, nah coba deh buat arrange waktu minimal 30 menit dalam sehari buat nulis draft tulisan minimal kalo emang sibuk banget. Kalo memang dirasa masih sulit, coba selalu buat note di handphone atau bawa buku kecil, jadi begitu inspirasi dateng langsung buru-buru di catet supaya ga kehilangan momentnya.

selamat mencoba, semoga membantu 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here