Review Pulang – Tere Liye

0
17

Sesuai janji yang kemarin, kali ini gue bakalan mencoba merivew series pertama dari sekuel Novel Pulang. Buat informasi aja sih kalo novel ini ada lajutannya dan gatau bakalan ada series yang ke tiga atau ngga. Kalo menurut penilaian gue novel ini kalo dinilai dari range 1-5 novel ini gue nilai 4,3. Ada satu petikan percakapan di dalam novel ini, seperti biasa kenapa gue jatuh cinta sama novel karangan Tere Liye ya walaupun ga semua tapi kebanyakan mengandung makna mendalam dan bahasanya kena banget sih.

“Aku tahu sekarang, lebih banyak luka di hati bapakku dibanding di tubuhnya. Juga mamakku, lebih banyak tangis di hati Mamak dibanding di matanya.”

Novel ini menceritakan tentang sebuah kisah tentang perjalanan pulang dan mencari hakikatnya makna dari kata “pulang” itu sendiri. Segala hal nya dilewati melalui pertarungan demi pertarungan bagaimana cara bertahan hidup, untuk memeluk erat semua kebencian dan rasa sakit.

Novel ini punya dua cover, yang akan dibahas adalah cover lama soalnya gue waktu itu beli pas cover yang lama kira-kira tahun 2016. Adapun cetakan pertama novel ini terbit di tahun 2015, dan di tahun 2018 novel ini cetak cover baru. Kalo kalian pesaran kalian bisa search langsung di google atau liat fisik aslinya di toko buku. Menurut gue cover si novel ini cukup menggapbarkan isi cerita secara keseluruhan. Kalo kalian udah baca pasti paham kaitan cover dengan makna isi novelnya. Covernya juga cukup menarik, dengan bentuk soft  cover cukup ngebuat novel ini ga berat cuma mungkin gampang keriting aja kali ya ujung covernya. Soalnya yg gue punya beberapa kali dibaca (sama beberapa orang sih ehehe) bikin covernya jadi lecek. Tapi secara pribadi gue lebih suka soft cover dibanding hard cover karena gabisa dilipet-lipet gitu kalo baca sih hehehe. Kalo dibandingkan dengan cover 2018 gue lebih suka cover lama sih 🙂

Harga:

Tahun 2016 gue beli novel ini sekitar Rp. 68.000 kalo ga salah, tapi di cover yang baru cetakan 2018 harganya jadi naik sekitar Rp. 76.000/Rp. 78.000 di toko buku di Jakarta. Kalo harga untuk luar Pulau Jawa biasanya beda lagi yaaa. Harganya lumayan naik sih dan ketebalan novelnya pun sekitar lebih dari 400 halaman.

Konten dan Isi Buku:

Menurut gue pribadi secara cerita yang ada di novel pulang ini oke, tapi balik lagi ke sudut padang masing-masing. Cerita yang disajikan juga cukup membuat hati ini bertanya-tanya dan banyak kejadian mengejutkan sih hahaha, kalo bahasa gampangnya sih nagih pengen baca terus. Banyak istilah baru yang kita ga paham, ya lumayan nambah ilmu pengetahuan. Secara alur sih maju mundur, ada beberapa chapter yang ngebahas tentang masa lalu si tokoh utama. Sudut pandang yang digunakan adalah aku, sudut pandang orang pertama. Aku dalam novel ini mewakili Bujang atau dalam cerita dikenal juga sebagai si Babi Hutan.Intinya novel ini menceritakan perjalanan si Bujang menjadi seorang Tauke Besar di Keluarga Tong (keluarga terpandang) ditengah masa lalu yang tidak begitu baik dan harus bertahan di dunia  shadow economic yang ga pernah sama sekali dia ketahui. Si Bujang sendiri adalah anak lelaki dari keluarga terpencil yang ga pernah kebayang bisa menjadi orang penting, si anak kecil ga penuh dengan teka teki dan kepedihan dalam hidupnya. Intinya novel ini menceritakan perjuangan keras kehidupan, kasih sayang seorang ibu, tekad, ego, ambisi, kesetiaan dan perjuangan.

Kalo kalian tipe pembaca yang suka berimajinasi dan suka sama petualangan kehidupan yang cukup keras, menurut gue kalian wajib baca novel ini.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here