3 Kelemahan Uang Elektronik

0
17

Saat ini penggunaan uang elektronik meningkat tajam. Penggunaan uang elektronikpun didukung oleh pemerintah, contohnya pembayaran keluar tol menggunakan uang elektronik. Buat temen-temen yang gapaham apa sih uang elektronik itu?
Menurut penjelasan dari Bank Indonesia , uang elektronik adalah sesuatu yang diterbitkan atas dasar nilai uang yang disetor terlebih dahulu oleh pemegang kepada penerbit dan nilai uang disimpan secara elektronik dalam suatu media seperti server atau chip. Fungsinya digunakan sebagai alat pembayaran kepada pedagang yang bukan merupakan penerbit uang elektronik tersebut.

Banyak uang elektronik yang beredar dikehidupan kita sehari-hari, seperti e-money, brizi, tap-cash dll. Penggunaan uang elektronik sebetulnya belum menyeluruh, masih di kota-kota besar aja. Tapi kita doain semoga semakin meluas penyebarannya.

Menurut gue, uang elektronik memiliki manfaat yaitu membuat menjadi cashless dalam penggunaan uang tunai, sehingga kita ga perlu repot-repot bawa uang banyak dan tebel di dompet. Selain itu, dengan menggunakan uang elektronik kita ga perlu repot mencari kembalian setelah belanja, kadang kan kita tapi si tokonya ga ada kembaliannya. Nah ternyata dibalik keuntungan dan manfaat penggunaan uang elektronik sendiri memiliki kelemahan. Berikut adalah kelemahan yang dimiliki uang elektronik :

1. Risiko Hilang
Risiko uang elektronik hilang dan dapat digunakan oleh pihak lain, karena pada prinsipnya uang elektronik sama seperti uang tunai yang apabila hilang tidak dapat diklaim kepada penerbit.

2. Banyak pengguna yang kurang paham
Masih kurang pahamnya pengguna dalam menggunakan uang elektronik, seperti pengguna tidak menyadari uang elektronik yang digunakan ditempelkan 2 (dua) kali pada reader untuk suatu transaksi yang sama sehingga nilai uang elektronik berkurang lebih besar dari nilai transaksi. Jadi bisa ngerugiin kan.

3. Tidak adanya kode pengaman / PIN
penggunaan uang elektronik tidak seperti penggunaan ATM yang meminta verifikasi kode rahasia, sehingga hal tersebut sangat memungkinkan diklaim pihak lain apabila uang elektornik tersebut hilang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here